Selasa, 08 Desember 2015

MANFAAT BUAH PISANG



http://info-herbal.com/wp-content/uploads/2015/05/manfaat-buah-pisang.jpg
Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor tanaman pisang juga terdapat di Afrika tropis. Manfaat buah pisang diyakini berkhasiat dalam menurunkan kolesterol, penyembuhan diabetes, penguatan tulang, dan lain-lain.
Tumbuhan dari suku Musaceae ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia adalah salah satu negara pengekspor pisang karena sebagian besar masyarakatnya bertani pisang.
Buah Pisang merupakan buah yang memiliki tingkat konsumsi tinggi di Dunia. Siapa yang tak suka pisang? Mungkin hampir semua orang di dunia menyukai buah yang sati ini dari mulai anak-anak hingga orang tua. Bisa dikatakan buah pisang merupakan buah favorit karena rasanya yang manis, harum dan teksturnya yang lembut. Buah ini juga dapat diolah menjadi aneka olahan makanan seperti selai, kripik, gorengan dll. Selain itu buah pisang juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan dalam tubuh kita.
Sejak jaman nenek moyang, buah pisang dipercaya dapat mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh. Memang benar, menurut penelitian kandungan nutrisi yang ada didalam buah pisang mampu meningkatkan kesehatan dalam tubuh serta memperlancar pencernaan. Buah pisang yang memiliki nama latin “M. acuminata” memiliki  kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain.
Berdasarkan data dari hasil penelitian buah pisang mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi dan juga mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tidak dapat diremehkan. Berikut kandungan nutrisi yang ada di buah pisang: Kalori, Karbohidrat, Serat, Vitamin C, Provitamin A, Vitamin B Kompleks, Kalium, Magnesium, Fosfor, Kalsium, Zat Besi, Dll.
Oleh karena itu mengkonsumsi 1 buah pisang setelah sarapan dapat memberikan anda energi yang sempurna untuk memulai hari. Selain itu, pisang juga dapat dengan cepat mengganti energi tubuh yang hilang setelah berolah raga. Buah pisang juga diketahui mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dan mineral tersebut antara lain adalah vitamin E, kolin, folat, karoten.
Berdasarkan data kandungan nutrisinya, buah pisang menjadi salah buah yang paling banyak disarankan oleh dokter.
https://www.ahligizi.info/wp-content/uploads/2015/06/Gizi-Buah-Pisang-Dan-Manfaatnya.jpg

Manfaat Buah Pisang

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah besar manfaat buah pisang yang patut Anda ketahui.
1. Kaya serat dan vitamin
Tahukan Anda bahwa pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel. Selain itu, buah pisang juga kaya akan potasium sehingga pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
2. Mengobati sakit maag
Jika sakit maag menyerang, makanlah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang memiliki zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maag. Ini adalah salah satu manfaat buah pisang yang praktis.
3. Masker untuk jerawat
Caranya, hancurkan daging pisang yang telah matang secukupnya. Kemudian, oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan. Lakukan tips ini secara rutin hingga jerawat benar-benar hilang.
4. Meningkatkan mood
Pisang juga diyakini membantu Anda untuk meningatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari. Jadi, jika Anda sedang galau, makanlah pisang.
5. Menghaluskan kulit wajah
Ambil pisang dan haluskan. Campur dua sendok madu. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan masker pisang tersebut pada wajah. Diamkan 10-25 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.
6. Sumber energi
Manfaat buah pisang dapat berfungsi sebagai salah satu sumber energi. Kandungan karbohidrat dalam pisang bisa jadi sumber energi untuk tubuh kita. Jika kita mengkonsumsi dua buah pisang sehari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi dalam melakukan aktivtas ehari-hari.
7. Menyembuhkan luka bakar
Khasiat buah pisang juga mampu menyembuhkan luka bakar. Caranya, haluskan buah pisang, kemudian oleskan pada daerah kulit yang terbakar untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkannya
8. Mengalirkan oksigen ke otak
Buah pisang juga bermanfaat dalam mengalirkan oksigen ke otak, karena buah pisang kaya akan potasium. Alhasil, zat potasium buah pisang akan membantu sirkulasi oksigen ke otak serta mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit stroke.
9. Memperlancar proses metabolisme
Bagi Anda yang sulit buang air besar, makanlah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.
10. Mengurangi rasa sakit haid
Perbanyaklah mengkonsumsi buah pisang, niscaya nyeri tersebut dapat berkurang.
11. Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk
Gigitan nyamuk yang sangat menganggu dan gatal dapat hilang ketika kulit pisang dioleskan secara pelan-pelan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.
12. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Tubuh pun akan terasa segar dan tidak cepat lemas.
13. Pisang dapat mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita. Ini adalah salah satu manfaat buah pisang yang penting bagi kesehatan.
14. Mencegah penyakit jantung
Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung karena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat anti oksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak sebagai penyebab penyakit jantung. Manfaat buah pisang ini dapat ditemukan pada zat Kalium yang merupakan tonik yang baik bagi jantung.
15. Mengatasi anemia (kurang darah)
Buah pisang juga mengandung zat besi. Makanlah dua buah pisang setiap hari untuk dapat merasakan manfaat buah pisang bagi darah Anda.
16. Menurunkan berat badan
Tahukah Anda, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa secara drastis. Pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Namun, pisang tersebut tidaklah dalam bentuk olahan, seperti banana milk shake, pisang goreng, atau kolak.
17. Buah pisang baik untuk ibu hamil
Manfaat buah pisang juga baik untuk ibu hamil. Ini disebabkan karena pisang mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru, dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Jadi, makan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat sebanyak 58 mikrogram dapat terpenuhi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar